Kapolres Jember saat memberikan keterangan kepada wartawan usai sidak angkutan antar kota (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Kapolres Jember saat memberikan keterangan kepada wartawan usai sidak angkutan antar kota (foto : Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

Guna mendukung Operasi Keselamatan berlalu lintas tahun 2019, jajaran Polres Jember, Rabu (8/5/2019) menggelar bakti sosial (baksos) dan sosialisasi keselamatan kepada sopir bus angkutan antar kota di terminal Tawang Alun Jember.

 Dalam sosialisasi dan baksos yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember ini, yang juga melibatkan pihak Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Jember, UPT Terminal Tawang Alun dan juga Dinas Perhubungan Pemkab Jember, selain sosialisasi dan baksos, juga dilakukan test urine bagi sopir bus angkutan antar kota.

 “Hari ini selagi masih sosialisasi operasi keselamatan berlalu lintas, kami bersama dengan pihak kesehatan dan juga UPT Terminal Tawang Alun menggelar kegiatan yang meliputi sosialisasi keselamatan, cek kesehatan gratis bagi penumpang dan sopir angkutan, serta test urine bagi pengemudi,” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. SIK. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyampaikan bahwa pihaknya juga melakukan pengecekan dan pemeriksaan sejumlah kendaraan yang ada di Terminal Tawang Alun, bahkan pihaknya akan menindak tegas kendaraan yang tidak laik jalan, agar tidak beroperasi. 

“Tadi dari pemeriksaan urine sudah ada sekitar 40 sopir angkutan, dan Alhamdulillah semuanya bebas dari pengaruh obat-obatan, saya berharap hal seperti ini bisa bertahan sampai lebaran, dan akan lebih baik jika selama mengemudi, dan juga untuk kendaraan yang tidak laik jalan, akan kami larang untuk beroperasi dan harus dikosongkan penumpangnya, hal ini semata-mata untuk memberikan rasa mana warga yang menggunakan jasa transportasi umum,” pungkas Kapolres Jember. (*)