Bupati bersama Dandim dan Perwakilan Polres Jember saat menandatangani deklarasi komitmen ramah anak (foto: Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)
Bupati bersama Dandim dan Perwakilan Polres Jember saat menandatangani deklarasi komitmen ramah anak (foto: Moh. Ali Makrus / JatimTIMES)

Festival Anak, yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pemkab Jember pada Rabu (4/12/2019) di gedung Balai Serba Gunda Jember, tidak hanya menyampaikan program yang bisa memenuhi hak-hak anak.

Tapi dalam kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa mulai dari PAUD hingga SLTA di Jember ini, juga melakukan 3 deklarasi yang diperuntukan bagi anak-anak di Jember, diantaranya Deklarasi Forum Anak, Deklarasi 12 Puskesmas Ramah Anak, dan Deklarasi 31 Sekolah Ramah Anak.

“Hari ini ada 3 deklarasi yang dilakukan oleh beberapa stakeholder, yaitu deklarasi forum anak, deklarasi 12 Puskesmas yang siap memberikan fasilitas anak, sehingga nantinya bisa menjadi puskesmas ramah anak, dan mudah-mudahan bisa segera ditiru oleh 50 puskesmas lainnya di Jember,” ujar Bupati Jember dr. Faida MMR.

Bupati menambahkan, selain 12 Puskesmas yang sudah sadar ramah anak, juga ada 31 kepala sekolah yang juga mendeklarasikan sebagai sekolah yang ramah terhadap anak, dalam deklarasi yang dibacakan bersama ini, lembaga-lembaga tersebut akan segera memenuhi fasilitas anak di lingkungannya.

“Ini sebuah contoh yang bagus, nanti untuk sekolah yang sudah mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak, Pemkab Jember akan membantu menyiapkan kantin yang layak untuk anak, layak di sini dengan menyajikan makanan sehat yang bisa membantu mendorong perkembangan anak,” pungkas bupati. (*)