Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Dikisahkan, Rasulullah SAW memiliki seorang sahabat yang sangat luar biasa pemberani. Bahkan, sahabat tersebut mendapat julukan sebagai macan tutul. Lantaran keberaniannya dalam menyerang musuh dan kaum kafir dalam setiap peperangan yang dilakukan umat muslim di masa Rasulullah SAW.

Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan, sahabat itu adalah Zibair bin Awwam. Salah satu sahabat utama Rasulullah SAW dan termasuk 10 orang pertama yang memeluk Islam dan berjalan di jalan Allah SWT.

Baca Juga : Tak Lagi Turun ke Medan Perang Saat Masa Perjuangan Islam, ini Alasan Usamah bin Zaid

Suatu hari, Zubair bin Awwam mendengar berita jika Rasulullah SAW telah dibunuh orang quraisy. Maka Zubair langsung menghunuskan pedangnya dan mendatangi rumah Rasulullah SAW.

Pada saat dia mengetuk dan melihat Rasulullah SAW membukakan pintu, dia merasa lega. Namun pedangnya masih dibawanya seperti orang yang hendak berangkat perang.

Waktu itu usianya baru 15 tahun, maka Rasulullah SAW berkata, "Kenapa ya Zubair?,".

Lalu Zubair menjawab, " Saya mendengar Anda dibunuh orang quraisy ya Rasulullah SAW,".

Kemudian Rasulullah SAW kembali bertanya, "Memang apa yang ingin engkau lakukan?,".

Lalu Zubair kembali menjawab, "Kalau saya tahu Anda dibunuh, maka saya akan membunuh orang yang membunuh Anda ya Rasulullah SAW,".

Rasulullah SAW pun berkata, "Semoga Allah SWT memberkahimu dan memberkahi pedangmu,".

Dalam riwayat lain disebutkan jika saat itu Rasulullah SAW menunjuk pedang Zubair dan berkata, "Sungguh pedang ini adalah pedang yang paling pertama dihenduskan di jalan Allah SWT,".

Baca Juga : Pasca Wafatnya Rasulullah, ini Peperangan Besar yang Libatkan Nabi Palsu

Zubair juga merupakan salah satu sahabat yang mendapat pujian dari Ali bin Abi Thalib atas keberaniannya. Padahal, Ali sendiri merupakan sosok yang dikenal sangat pemberani.

Keduanya berhasil membunuh musuh dalam sebuah peperangan dengan ketinggian seperti pohon kurma. Maka Ali bin Abi Thalib pun memuji kemampuan Zubair.

Ali berkata, "Tidak ada yang tahu, kadar keberanian dan kebesaran jiwa Zubair bin Awwam dalam menghadapi musuh, kecuali orang yang  semisal dengan dia,".

Ali memberi kesaksian dan menyebut Zubair menyerang musuh seperti macan tutul yang menyerang mangsanya. Ada ciri khas yang luar biasa dari sosok zubair bin Awwam.