Salah satu Lokasi pengeboran di Dusun Tengah, Desa Mapper, Kecamatan Proppo, Pamekasan.
Salah satu Lokasi pengeboran di Dusun Tengah, Desa Mapper, Kecamatan Proppo, Pamekasan.

Di bawah kepemimpinan Baddrut Tamam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, terus berupaya mengatasi minimnya ketersediaan air bersih saat musim kemarau di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Terbukti, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pemkab Pamekasan, saat ini memberikan bantuan berupa penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air bawah tanah sebanyak 194 titik. Salah satunya ada di Dusun Tengah, Desa Mapper, Kecamatan Proppo, Pamekasan.

Baca Juga : Kapolres Pamekasan Ajak Masyarakat Tingkatkan Kedisiplinan Lawan Covid-19

Kepala DPKP Muharram mengatakan, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air bawah tanah tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih di sejumlah titik rawan kekeringan di Pamekasan.

“Ini yang menjadi komitmen Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja’e, yakni mengatasi kekeringan dan kekurangan air bersih,” katanya, Jumat (11/09/2020).

Menurutnya, program penyediaan air bersih tersebut bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menentukan titik lokasi yang memiliki potensi air melalui sistem geolistrik.

Pada tahun 2020 ini pihaknya terus melakukan pengeboran mencari titik sumber air guna mensukseskan program kesejahteraan rakyat yang dicanangkan oleh Baddrut Tamam dan Raja’e melalui penyediaan air bersih.

“Dukungan dari semua elemen masyarakat tentu sangat harapkan, karena bagaimanapun program yang baik ini perlu dukungan dan komitmen dari semua pihak," tambahnya.

Baca Juga : Banyak Keluhan Pohon Terlalu Tinggi dan Rindang, DLH Lumajang Lakukan Pemangkasan

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan menyebutkan, bahwa kekeringan tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Yakni, terdapat 311 Dusun di 77 Desa, dari yang sebelumnya sebanyak 325 Dusun di 82 Desa yang tersebar di 11 kecamatan di Pamekasan.