Petugas saat melakukan pendataan kepada sejumlah warga yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker
Petugas saat melakukan pendataan kepada sejumlah warga yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker

Operasi yustisi untuk penegakan protokol kesehatan Covid-19 di Kabupaten Pamekasan digelar di sepanjang jalan Monumen Arek Lancor. Puluhan pengendara tidak pakai masker terjaring dalam operasi yustisi tersebut, Senin (14/09/2020) sore.

Dari pantauan JatimTimes.com petugas gabungan yang melibatkan Polri, TNI, dan Satpol PP Pamekasan telah bersiap di lokasi sejak pukul 14:30 WIB. 

Baca Juga : Periode 11 September, Jumlah Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Meningkat Jadi 825 Kasus

Petugas langsung menghentikan pengguna jalan baik itu roda dua maupun roda empat yang terlihat tidak menggunakan masker. Mereka yang melanggar langsung didata, hingga dijatuhi hukuman tilang KTP, dan diharuskan membayar denda sebesar Rp 20 ribu per orang.

Salah seorang pelanggar yang tidak mau menyebutkan namanya mengaku telah mengetahui adanya aturan wajib penggunaan masker, namun ia berkilah lupa lantaran tergesa-gesa saat keluar dari rumahnya. "Saya lupa, tadi keluar buru - buru ada urusan. Kalau aturannya memang sudah tau kalau sudah diwajibkan pakai masker Mas," katanya kepada awak media.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan operasi itu lebih dikhususkan pada operasi patuh masker (OPM) kepada seluruh warga Pamekasan yang beraktivitas di luar rumah, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten berjuluk Bumi Gerbang Salam. "Karena di Pamekasan masih ada sebagian warga yang masih lalai dengan aturan pakai masker," terangnya.

Baca Juga : 67 Ribu KPM PKH Akan Terima Bansos Beras Selama Tiga Bulan

Oleh karena itu, pihaknya terus meminta kepada seluruh warga untuk selalu berhati-hati dan selalu menjaga protokol kesehatan, terutama selalu patuh menggunakan masker dan selalu menjaga jarak, supaya COVID-19 di Pamekasan cepat usai. "Kita harus hadapi pandemi ini bersama-sama, mari patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker," tutupnya.