Film The Batman (Foto:
Film The Batman (Foto:

Pandemi covid-19 membuat beberapa kegiatan harus terbatasi. Salah satunya yakni sektor hiburan film atau rumah produksi, terlebih di luar negeri.  

Covid-19 ini juga memengaruhi hampir semua produksi serta rilis film dan TV, yang bertepatan dengan banyak jaringan bioskop di seluruh dunia tutup sementara.

Baca Juga : Rilis Trailer Blackpink: Light Up the Sky, Penuh Tawa dan Air Mata Perjuangan Sang Girlband

Beberapa rumah produksi bahkan ada yang menarik kembali jadwal rilis film mereka dan belum memberikan informasi lanjutan kapan penjadwalan ulangnya. Jadi, jadwal perilisan film itu pun ikut mundur.  

Awalnya film tersebut bakal tayang pada 2020 dan 2021, namun harus mundur pada 2022. Bahkan ada pula rumah produksi yang memilih untuk menghentikan proses syuting.  

Berikut sederet film yang akhirnya rilis pada 2022:  

1. Doctor Strange in The Multiverse of Madness  

Marvel Studios mengonfirmasi Doctor Strange in The Multiverse of Madness ditunda rilisnya menjadi 25 Maret 2022. Sedianya, film ini dijadwalkan rilis pada 5 November 2021.  

Perubahan lainnya, Scott Derrickson mundur sebagai sutradara.  Sam Raimi, yang pernah menjadi sutradara Spider-Man (2002) dan The Evil Dead (1981), telah dikonfirmasi akan menggantikan Scott Derrickson.

2. Spider-Man: Into the Spider-Verse 

Perilisan sekuel film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse ditunda lantaran pandemi covid-19. Hingga akhirnya film ini bakal dirilis pada 7 Oktober 2022. Pergantian jadwal ini sesuai prediksi para pengamat film seiring belum adanya kepastian covid-19 akan berakhir.

Spider-Man: Into the Spider-Verse adalah sebuah film animasi yang berhasil mengantar Sony mengalahkan kedigdayaan Disney dan Pixar di ajang Academy Awards atau Oscar. Spider-Verse dengan kekuatan gambar animasi terbaru mampu mencuri perhatian hingga dinobatkan sebagai film animasi terbaik.

4. Thor: Love and Thunder Marvel   

Film yang disutradarai Taika Waititi bukannya diundur, melainkan jadwal tayangnya maju beberapa hari. Awalnya film ini ditempatkan pada slot rilis 5 November 2022, lalu diundur ke 18 Februari 2022. Kini film keempat Thor itu akan tayang satu minggu sebelumnya, yakni pada 11 Februari 2022.

5. The Batman

Rumah produksi Warner Bros memutuskan untuk memundurkan perilisan film The Batman.  Film yang awalnya rilis 1 Oktober 2021 itu diundur ke 4 Maret 2022.

Pengunduran perilisan ini bukan kali pertama bagi The Batman.  Sebelumnya, The Batman dijadwalkan rilis 25 Juni 2021 kemudian diundur ke 1 Oktober 2021 karena pandemi covid-19.

The Batman menjadi salah satu film yang paling ditunggu.  Pasalnya, karakter Bruce Wayne alias Batman diperankan aktor Robert Pattinson yang dinanti penggemar.

Sebelumnya, syuting film ini sempat ditunda lantaran Pattinson dilaporkan positif covid-19.

6. Jurassic World: Dominion

Baca Juga : Fenomenal, Cupang Blue Rim Laku Rp 14 Juta di Masa Pandemi

Perilisan Jurassic World: Dominion resmi diundur ke 10 Juni 2022.  Kabar tersebut disampaikan melalui akun twitter resmi Jurassic World dengan mengunggah poster film tersebut.

"Jurassic World: Dominion. June 10, 2022," tulis akun twitter bernama @Jurassic World.

Sedianya, film ini akan rilis pada 11 Juni 2021. Namun, perilisan terpaksa ditunda lantaran pandemi covid-19 masih semakin meningkat.

Jurassic World: Dominion merupakan film terakhir dalam trilogi kedua waralaba Jurassic Park. Sebelumnya, rumah produksi Universal Studios sudah merilis Jurassic World (2015) dan Jurassic World: Fallen Kingdom (2018).

7. Avatar 2

Sutradara film Avatar 2 James Cameron telah mengonfirmasi bahwa proses syuting film Avatar 2 telah selesai.  

Cameron juga menyatakan bahwa dengan adanya pandemi ini, perilisan Avatar 2 mengalami penundaan perilisan hingga tahun 2022.

"Karena itu, kami harus mundur satu tahun untuk merilis film ini di Desember 2022. Itu sudah diumumkan. Tapi bukan berarti aku punya satu tahun lebih untuk menyelesaikan Avatar 2, karena di hari pengumuman tanggal tayang Avatar 2, kami baru saja mulai untuk menyelesaikan Avatar 3," imbuhnya.

Kabarnya film ini akan dirilis pada 16 Desember 2022.

8. John Wick 4

Lionsgate memutuskan untuk menunda tanggal rilis untuk film-filmnya, termasuk John Wick: Chapter 4 pada 2022.

Sebelumnya pada tahun lalu, Lionsgate mengumumkan jika John Wick: Chapter 4 akan rilis pada 21 Mei 2021. Sekuel keempat dari waralaba yang dibintangi Keanu Reeves sekarang akan diriilis pada 27 Mei 2022, selama akhir pekan Memorial Day.