Anang Yulianto Kepala DLH Bangkalan, saat dikonfirmasi.
Anang Yulianto Kepala DLH Bangkalan, saat dikonfirmasi.

Untuk menjaga kebersihan di lingkungan Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, mengimbau para pedagang kaki lima (PKL) untuk menyediakan tempat sampah di masing-masing tempat usaha.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala DLH Bangkalan Anang Yulianto, agar semua PKL ikut serta menjaga kebersihan di lingkungan SGB. 

Baca Juga : Buat Kawasan TPU Sukun Nasrani Semakin Bermanfaat, Ini Rencana Apik UPT PPU

"Makanya kami minta satu tempat usaha satu tempat sampah," ujarnya, Kamis (08/10/2020).

Meski sudah memberikan imbauan, Anang pun tak tinggal diam, pihaknya mengaku sudah menyediakan beberapa tong sampah dengan kapasitas yang cukup untuk menampung sampah-sampah yang ada di kawasan SGB.

"Penyediaan itu saya kira cukup untuk menampung sampah para pelaku usaha di kawasan SGB," imbuhnya.

Kendati demikian, ketersediaan tong sampah itu, menurutnya sudah dengan retribusi kebersihannya (jasa angkut red). "Karena kan mereka juga butuh ongkos untuk mengangkut sampahnya" ucapnya.

Namun retribusi itu, dia mengaku sudah menyesuaikan dengan peraturan daerah (Perda), yakni setiap PKL membayar retribusi setiap bulannya hanya Rp 2 ribu.

Baca Juga : Dengar Keluhan Petani Blitar Selatan, DPRD Bantu Atasi Kelangkaan Pupuk

Adapun jumlah PKL yang ada di kawasan SGB berjumlah 83 PKL. "Jadi nanti jumlah itu yang membayar retribusi kebersihan di lingkungan SGB," pungkasnya.