Jamaluddin saat berada di Rumah Melon miliknya di Desa Artodung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, (Foto:Rozy/JatimTimes.com)
Jamaluddin saat berada di Rumah Melon miliknya di Desa Artodung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, (Foto:Rozy/JatimTimes.com)

Meski di tengah masa pandemi Covid-19, produktivitas pertanian holtikultura di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tampak tidak terpengaruh, Selasa (13/10/2020).

Hal ini terbukti dari keberhasilan Jamaluddin yang baru menapaki dunia pertanian berupa melon asal Desa Artodung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan yang sukses panen petik buah melon dengan masa tanam selama kurang lebih 2 bulan.

Baca Juga : Diskopindag Catat 30 Persen Warga Kota Malang Berbelanja Sistem Online

Menurutnya, ia memilih mengembangkan budidaya melon karena selama ini sektor pertanian khususnya tanaman tembakau sudah dua dekade mengalami kemerosotan harga yang sangat signifikan, sehingga dianggap sudah tidak lagi menguntungkan bagi petani.

"Sehingga kami berinisiatif dengan membaca peluang yang ada, bahwa sektor holtikultura lah yang sanggup atau bisa memberikan nilai ekonomis yang baik untuk peningkatan ekonomi kerakyatan," katanya kepada JatimTimes.com.

Meski masih baru menapaki di dunia pertanian holtikultura, dari 1/2 hektar tanaman melon miliknya, sebanyak 90 persen tumbuh sehat dan tidak dimakan hama, bahkan hasil panen kali ini mencapai hingga 3 ton lebih dari semua jenis melon, dengan rata-rata berat 2-3 kg/buah.

Berdasarkan hasil perhitungan kata dia, total biaya yang dikeluarkan untuk budidaya tanaman melon itu mencapai Rp 60 juta, biaya tersebut sudah termasuk biaya perawatan.

Baca Juga : Saat Pandemi, Penjual Kopi Keliling Justru Laris Karena Ini

"Melon ini cukup memberikan estimasi pasar yang luar biasa, jadi kedepannya atas dasar itu berharap memiliki dampak yang positif bagi petani yang lain untuk turut serta di dalam berbudiya melon ini," tambahnya.

Bahkan saat ini pihaknya mengaku sudah mempersiapkan lahan 1,2 hektar untuk kembali mengembangkan budidaya melon di desanya tersebut.