Ketua Fraksi PKB DPRD Pamekasan, (Foto:Ist/JatimTimes.com)
Ketua Fraksi PKB DPRD Pamekasan, (Foto:Ist/JatimTimes.com)

Ketua Fraksi PKB DPRD Pamekasan, Khoirul Umam meminta Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Pamekasan agar segera menjadwalkan Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) untuk para bidan.

Sebelumnya, para bidan di Pamekasan mengeluh karena IBI Pamekasan tidak kunjung menggelar pelatihan APN. Padahal, pelatihan itu sangat dibutuhkan sebagai administrasi dan persyaratan kebutuhan kebidanan.

Baca Juga : Bidan di Pamekasan Keluhkan Pelatihan APN Tak Kunjung Digelar

Menurut anggota Komisi IV itu, pelatihan APN tersebut sangat dibutuhkan para bidan guna penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menunjang karir masa depan para bidan.

“Apalagi sekarang sudah memasuki akhir 2020, sebaiknya segera dilaksanakan demi urgensitas yang para bidan dan juga untuk pemberdayaan SDM,” katanya, Rabu (14/10/2020)

Untuk menggelar pelatihan APN ditengah pandemi Covid-19 bukan halangan besar bagi IBI Pamekasan. Tentunya IBI bisa melaksanakan dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Jika alasan karena Pandemi Covid-19 menurutnya tidak pas, karena beberapa persalinan di Pamekasan dan klinik tetap berjalan seperti biasanya.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Covid dengan ketat agar tidak menjadi klaster baru,” tambahnya.

Baca Juga : Buntut Demo Tolak UU Ciptaker, PMII Sumenep Akan Laporkan Satu Media ke Dewan Pers

Sehingga pihaknya mendesak agar IBI Cabang Pamekasan segera menjadwalkan pelatihan APN tersebut, karena kata dia dunia kebidanan sangat dibutuhkan lantaran berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Terutama dalam melayani orang hamil dan kebutuhan lainnya, sehingga sudah seharusnya di prioritaskan," tutupnya.