Goweser Independen Pamekasan (GIP)
Goweser Independen Pamekasan (GIP)

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar, pastinya kita perlu aktif bergerak. Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi resiko penyakit dan masalah kesehatan. Mulai dari obesitas, penyakit jantung, kanker, gangguan mental, diabetes, dan penyakit lainnya.

Bicara soal aktivitas fisik, bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga sepeda.

Baca Juga : Ratusan Pesepeda Ikut Latihan Bersama Taklukkan Tanjakan Ijen 

 

Kaerna itu juga, akhir-akhir ini gowes makin populer di kalangan masyarakat di seluruh penjuru termasuk di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Di wilayah Pamekasan banyak orang yang lebih memilih bepergian menggunakan sepeda dari pada naik kendaraan umum.

Selain bisa meminimalisir kemungkinan penularan Covid-19, bersepeda itu murah dan memiliki banyak manfaat. Namun bagaimana sebenarnya agar kegiatan gowes tetap aman saat pandemi Covid-19?

Ketua Goweser Independen Pamekasan(GIP), Jamal Toms, membagikan tips aman bersepeda saat pandemi covid-19.

Menurutnya, di tengah pandemi covid-19 bersepeda juga perlu memperhatikan Physical Distancing (menjaga jarak) seperti yang dianjurkan oleh pemerintah dan WHO.

Baca Juga : Pertina Kota Batu Gelar Tryout dan Silaturahmi Petinju Malang Raya 

 

Selain menjaga jarak, memakai masker sangat penting sebagai amunisi mencegah penularan Covid-19, dan saat olahraga juga diwajibkan untuk banyak minum air putih agar tidak terkena dehidrasi. “Penggunaan masker mutlak diperlukan untuk menjaga diri kita sendiri dan orang lain dari penularan penyakit virus utamanya Covid-19,” katanya kepada JatimTimes.com, Rabu (21/10/2020)

Bahkan ia juga menekankan agar para penggemar gowes tidak lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih serta makan makanan yang bergizi. "Jangan lupa selalu bawa Hand Sanitizer, jaga jarak dan selalu cuci tangan, sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas,” pungkasnya.