Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Diperkirakan 25-26 Februari | Pamekasan TIMES

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Diperkirakan 25-26 Februari

Feb 17, 2021 12:31
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi saat dikonfirmasi media (Foto: Syaiful Ramadhani/Jatim TIMES)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi saat dikonfirmasi media (Foto: Syaiful Ramadhani/Jatim TIMES)

SUMENEPTIMES - Pelantikan bupati dan wakil bupati Sumenep terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 diperkirakan dilaksanakan pada akhir Februari 2021 ini.

"Perkiraan itu sesuai hasil video conference bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga : Pelantikan Bupati Kediri Terpilih Diundur, Bupati Haryanti Pamitan

Edy menyebutkan, sesuai hasil video conference dengan Kemendagri itu pula, prosesi pelantikan direncanakan secara virtual.

"Untuk kepastiannya sendiri masih menunggu petunjuk pelaksanaan terbaru dari Kemendagri," pungkasnya.

Sebelumnya, pelantikan 17 bupati/wali kota terpilih di Jawa Timur diundur dari jadwal 17 Februari 2021. Sebab masih menunggu hasil sengketa 3 Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Yakni Pilkada Kota Surabaya, Pilkada Banyuwangi, dan Pilkada Lamongan.

Informasi terbaru, MK telah mengeluarkan putusan sela untuk sengketa Pilkada Surabaya dan Banyuwangi. Kasus sengketa Pilkada Surabaya dan Banyuwangi tidak memenuhi syarat dan tidak dilanjutkan. Sedangkan sengketa Pilkada Lamongan seharusnya diputuskan hari ini.

Kalau proses di atas berjalan lancar, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya serta Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi bisa dilantik tanggal 25 atau 26 Februari 2021

Baca Juga : Belum Kantongi IMB, Pembangunan Gudang Bulog di Dander Sudah Berjalan

Untuk diketahui, di Jatim ada 19 Pilkada Serentak. Yakni di Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Tuban, Sumenep, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang dan Situbondo.

Kemudian 17 kepala daerah terpilih awalnya akan dilantik pada 17 Februari 2021. Sedangkan dua lainnya yakni Pacitan dan Tuban pelantikannya sesuai masa jabatan kepala daerah saat ini, yang habis sekitar April atau Mei 2021.

Untuk kepala daerah yang akhir masa jabatan (AMJ)-nya 17 Februari 2021 kemarin, diperkirakan akan dilaksanakan pelantikan pada 25-27 Februari 2021.

Topik
pelantikan bupati wabup terpilih akhir februari 2021 bupati wabup sumenep berita kabupaten sumenep

Berita Lainnya