Agar Terjauh dari Kemiskinan, Amalan Rasulullah SAW ini Wajib Diketahui Umat Muslim | Pamekasan TIMES

Agar Terjauh dari Kemiskinan, Amalan Rasulullah SAW ini Wajib Diketahui Umat Muslim

May 14, 2022 08:11
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

JATIMTIMES - Rasulullah SAW senantiasa mengajak umatnya untuk tidak bermalas-malasan. Hal itu sebagaimana diungkapkan dalam berbagai riwayat, yang dengan jelas menyatakan bahwa Rasulullah SAW selalu mengajak dan berdoa agar umatnya jauh dari sifat malas. Karena itu akan membawa pada kemiskinan dan hinaan.

Ustaz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah dalam channel YouTube Islam Terkini menyampaikan, Rasulullah SAW selalu berdoa untuk dijauhkan dari kemiskinan dan rasa malas.

Baca Juga : Baca Satu Kali Dzikir ini, Pahala akan Terus Mengalir kata Gus Baha

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, "Selalulah kalian berlindung diri kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat kefakiran, kekurangan, dan perhinaan,".

Ketiga sifat itu seluruhnya ada pada orang yang malas. Karena orang malas pasti akan menjadi miskin dan akan dihina oleh mereka yang telah berjasa kepada si pemalas. Dalam hadits tersebut jelas, Rasulullah SAW mengajarkan agar umat muslim senantiasa berjuang.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, "Ya Allah aku berlindung kepadamu dari kelaparan. Karena itu seburuk-buruknya keadaan,".

Dalam hadits lain lagi, Rasulullah SAW bersabda, "Ya Allah aku berlindung kepadamu dari sifat putus asa dan malas, juga sifat pengecut dan pelit. Dan jangan sampai aku terlilit hutang dan juga dikuasai oleh orang-orang,".

Maka dalam Islam dijelaskan bahwa seorang muslim harus maju dan meninggalkan sifat malas. Para ulama mengatakan jika orang kaya yang bersyukur lebih baik dari orang miskin yang bersabar. Karena satu orang kaya bisa menghidupi seribu orang miskin. Namun ada pula ulama yang berpandangan sebaliknya, bahwa orang miskin yang sabar lebih utama dibandingkan dengan orang kaya yang bersyukur.

Baca Juga : Viral Akun TikTok Unggah Video Sederet Artis yang Disebut Sebagai Dedengkot HTI

Sementara itu, dalam kisah lain ada sahabat Rasulullah SAW yang miskin dan datang kepada Rasulullah SAW. Mereka kemudian meminta untuk ditunjukkan amalan yang sama agar pahalanya seimbang dengan orang kaya yang suka berinfak. Maka Rasulullah SAW menjawab, "Bacalah Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahu Akbar 33 kali, amalkan itu,".

Beberapa hari kemudian, para sahabat Rasulullah SAW yang kaya itu mendengar sabda Nabi Muhammad SAW tersebut. Kemudian mereka mengamalkannya dan sahabat yang miskin kembali mendatangi Rasulullah SAW dan meminta untuk diajarkan amalan lain agar mereka bisa mengimbangi pahala sahabat Rasulullah SAW yang kaya-kaya tersebut. Lalu Rasulullah SAW berkata, "Itu karunia Allah SWT yang diberikan kepada siapa saja yang Dia mau,".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rasulullah SAW amalan rasulullah amalan terhindar dari kemiskinan dunia islam

Berita Lainnya